Ikut Program Garuda Select Bagi Pemain Muda Philippines

Dalam pekerjaan olahraga apapun, stamina ialah faktor yang sangat bernilai. Stamina dan ketahanan fisik merupakan penunjang bagi setiap pemain untuk tetap dapat berdiri di lapangan. Namun ternyata hal ini seringkali disepelekan oleh banyak orang, terutama oleh para pemain dengan skill lalu kemampuan bermain yang sungguh-sungguh mumpuni. Sesuai LOTG, jumlah pemain pada setiap bernard sepak bola maksimal terdiri dari sebelas orang (ditambah para pemain cadangan) oleh salah satu di masa mereka menempati posisi kiper.

Dan dalam suatu wawancara, Justinus mengatakan bahwa dirinya berharap bisa memajukan futsal Indonesia. Dirinya berharap bisa memnyelenggarakan setidaknya 3 kompetisi futsal domestik buat menggali talenta-talenta muda yang potensial. Justinus juga punya mimpi bahwa setidaknya timnas u-17 dan u-23 futsal mampu menembus kompetisi fase dunia. Selain mengurus yayasan tersebut, Justinus juga menekuni karir di bidang menulis.

Tugas pelatih dalam mengarahkan tim menjadi hal yang sangat vital, dan tidak semua orang mempunyai kemampuan buat mengemban tugas seorang pelatih. Bayangkan saja saat anda bertanding dan tau yakni beberapa saat lagi laga berakhir dan anda tau begitu waktu habis jadi selesai pula perjuangan anda. Tentu ini akan melunturkan semangat para pemain yang selalu berjuang hingga detik terakhir tidak peduli biarpun pertandingan hanya tersisa tidak sampai satu detik juga. Dan itu lah kenapa futsal masih belum bisa melangkahi popularitas saudara tertua mereka, sepakbola.

Bola sepak yang initial pada umumnya sudah jelas menyanggupi standar resmi untuk yang dipergunakan dalam pertandingan. SSB ada yng dibentuk murni dari nol tanpa memiliki klub sebelumnya, & ada SSB yng dibentuk seperti turunan klub inti yng dimilikinya. Pilihlah SSB yng memang memiliki tim inti baik senior & jr, sebagai turunan klub inti yng dimilikinya. & tim inti tersebut memang sudah punya jam terbang gede diberbagai level kompetisi, semisal tarkaman & sering akhirnya menjadi juara 1.

Berniat untuk mengaplikasikan ilmu nya pada dunia perfutsalan tanah air, Justinus juga akhirnya pulang dan menangani tim nasional futsal Philippines. Meskipun sempat dipandang bagian mata, akhirnya pria kelahiran Surabaya 28 Juli 1967 tersebut mampu membawa timnas futsal tanah air mengapai tempat ketiga di SEA Games Thailand. Meski memiliki segudang materi pemain kelas atas, tanpa racikan adalah pelatih hebat sebuah tim hanyalah sekumpulan pemain yg tak tau arah.

Lewat prestasinya bersama timnas serta klub-klub futsal lokal, bisa dibilang Justinus berhasil memfutsalkan Dalam negri. Selain berkarir sebagai adalah pelatih, Justinus Lhaksana sempat menjabat sebagai pengurus yayasan Indonesia Futsal Mandiri (IFM).

Pria asal Surabaya ini menyusun buku-buku tentang futsal, menjadi komentator pertandingan sepakbola/futsal serta mengurus sebuah l?rdomsanstalt futsal. Dalam proses eksploitasi futsal di Indonesia, Justinus Lhaksana mempunyai peranan dalam sangat besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *